Sabtu, 30 November 2013

TULISAN PENGANTAR BISNIS 3

Diposting oleh Unknown di 21.36
BISNIS WARALABA (FRANCHISE)

KELAS  : 1EB21
NAMA  : IMAS EKAWATI
NPM    : 21243329


                                                                                                                                                   I.            PENDAHULUAN

    
Dengan semakin meningkatnya krisis ekonomi, menyebabkan timbulnya banyak pengangguran. Kebutuhan hidup yang semakin meningkat dan harga-harga kebutuhan pokok yang semakin mahal. Ini menuntut masyarakat untuk keluar dari permasalahan ekonomi dan mencari jalan untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun di era globalisasi sekarang ini, semakin sulit untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan seseorang karena semakin ketatnya tingkat persaingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

     Maka dari itu, dalam tulisan ini saya akan membahas tentang  usaha waralaba (Franchise) adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal materiil tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan, terutama bila membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama. Saya berharap tulisan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca. Semoga tulisan ini mampu memberikan bekal, motivasi, yang sangat berguna bagi pembaca.



                                                                                                                                                                          II.            ISI


Franchise adalah duplikasi bisnis yang telah sukses, sehingga bagi mereka yang akan membeli bisnis franchise tidak perlu lagi bersusah payah menjalankan bisnis ini dari awal  dan tidak perlu harus jatuh bangun untuk memulai bisnis ini. Mereka hanya menjalankan sistem yang telah berjalan tinggal start up langsung meneruskan bisnis  yang  memang telah teruji keberhasilannya. Jika kita membuka usaha yang baru, kita akan banyak menemui kendala dan mengalami jatuh bangun yang harus dihadapi baik bagaimana kita memperkenalkan merek , bagaimana memperkenalkan produk yang kita pasarkan dan bagaimana  membangun jaringan yang kuat maupun melatih sumber daya manusianya.

Keunggulan berbisnis franchise dilihat dari dua sisi yang berbeda,  yang pertama dari sisi sebagai franchisee atau orang yang membeli atau menerima bisnis franchise. Pengertian franchise harus benar-benar dipahami secara menyeluruh.  Sebagai franchisee untuk memulai bisnisnya hanya tinggal start up atau tanpa bersusah payah merintis dari awal karena mulai dari mereknya. Produk yang dijual dan sistemnya sudah dikerjakan oleh franchisornya. Jika kita membangun bisnis biasa atau yang bukan franchise tentunya kita akan mengalami jatuh bangun terlebih dahulu bagaimana membuat merek yang menjual, bagaimana kita membuat produk yang disukai atau punya nilai jual yang tinggi, bagaimana mempromosikan produk yang kita jual, bagaimana membuat konsep booth atau gerai kita agar menarik , bagaimana melatih atau merekrut SDM yang terampil  tentunya semua itu sudah dipersiapkan oleh franchisor  sebagai pemilik dari bisnis yang dijual kepada kita

Dari sisi franchisor atau orang yang member waralab keunggulan bisnis franchise merupakan sarana pengembangan bisnis yang tidak memerlukan modal besar, tentunya jika kita membuat jaringan atau gerai sendiri tentu memerlukan modal yang tidak sedikit, keunggulan franchise juga sebagai cara yang efektif sebagai mekanisme penetrasi pasar sehingga semakin banyak jumlah franchiseenya akan semakin kuat jaringan bisnis  yang dimiliki oleh si franchisor-nya.

ALASAN MEMILIH USAHA FRANCHISE

System frachise biasanya dipilih orang apabila memiliki modal cukup tetapi tidak mempunyai pengalaman dalam menjalankan bisnis serta tidak ingin repot-repot mencari system bisnis bagi usahanya. Umumnya orang memilih usaha franchise sebagai pilihan untuk membuka usaha dengan cara cepat dan melakukan ekspansi usaha dengan resiko yang lebih kecil.
Secara umum franchise merupakan alternative jalan keluar yang relative lebih aman bagi orang-orang untuk terjun memiliki bisnis sendiri.
Perkembangan bisnis franchise menunjukkan bahwa peluang yang muncul dari bisnis ini menarik minat orang banyak dari berbagai latar belakang misalnya professional, pensiunan, para usahawan bahkan anak-anak muda yang baru tamat dari bangku universitas.

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis waralaba

·         MC Donalds
·         KFC
·         Pizza Hut
·         Edam Burger
·         Kebab Turki
·         Shafira
·         Coffee Toffee, dll.

TIPS UNTUK MEMILIH WARALABA YANG AKAN DIJALANKAN :

1.       Pilih waralaba yang mudah dijalankan
Sebaiknya kita tidak memilih waralaba yang dapat menyita waktu dan pikiran kita. Untuk itu, pastikan bahwa waralaba yang akan kita jalankan dapat dikerjakan dengan mudah dan praktis. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan lingkungannya juga aman. Ini sangat penting karena kemudahan akses dan juga keamanan lokasi bisnis Anda akan sangat berpengaruh pada jumlah pelanggan yang datang ke tempat Anda.
2.       Pilih waralaba yang punya banyak konsumen
Utamakan untuk menjalankan bisnis waralaba yang memiliki konsumen banyak dan bisa menjangkau semua kategori umur. Memilih jenis waralaba yang konsumennya sedikit memiliki resiko kerugian lebih besar. Salah satu contoh jenis waralaba yang banyak konsumennya adalah waralaba makanan dan minuman.
3.       Pilih waralaba yang harga produknya terjangkau
Selain jenis waralabanya punya banyak konsumen, faktor harga juga sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis waralaba.  Jangan memilih waralaba yang mematok harga yang tinggi untuk produknya dan tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat di sekitar bisnis Anda.
4.       Pilih waralaba yang memberikan pelayanan yang baik
Pelayanan dan juga garansi pada produk adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, pilihlah waralaba yang memberikan pelayanan dan juga garansi jaminan mutu pada produknya untuk meningkatkan rasa percaya pelangganAnda, tentunya ini akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis waralaba Anda ke arah yang lebih baik.


                                                                                                                                                        III.            PENUTUP

Dapat di simpulkan bahwa bisnis franchise di Indonesia cukup menjanjikan dilihat dari betapa pesatnya bisnis-binis franchise bermunculan sekarang ini dan dilihat dari perkembangan sejak awal kemunculannya yang menjadikan bisnis yang patut di coba. Mudahnya dalam mendirikan sebuah usaha franchise dengan menggandeng merk terkenal, dengan keuntungan besar yang akan di dapat. Atau kita dapat pula membuka usaha baru yang dapat di kembangkan dengan franchise untuk memajukan usaha kita. Segala usaha pasti tidak selamanya berjalan mulus, dan pasti pula terdapat beberapa kelemahan-kelemahan. Begitu pula dengan usaha franchise yang memiliki kelemahan-kelemahan, untuk itu kita harus mengantisipasi dan mencoba untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

                                                                                                                                      IV.            DAFTAR PUSTAKA

SUMBER              :               

-          Kusnadi HMAD, Drs, Msi, Dadang Suherman, SE, MSI, Nur Rahman, Drs, MM, Pengantar Bisnis Niaga (dengan pendekatan kewiraswastaan), STAIN, Malang 1998.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Imas Ekawati Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos