Selasa, 05 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU 6

Diposting oleh Unknown di 06.40
NAMA :          1. ANNISA TRIANA (21213162)
                        2. IMAS EKAWATI  (24213329)
                        3. UMMU SALAMAH (29213055)
KELAS :         1EB21


  1.  JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
Jawab : Pasar adalah tempat penjual melakukan kegiatan penawaran dan pembeli melakukan kegiatan permintaan barang atau jasa. Sedangkan, pemasaran adalah kegiatan untuk menjalankan bisnis guna memenuni kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
Jawab :
·         Jenis Pasar Industri
1)      Industri ekstraktif
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, pertambangan
2)      Industri fasilitatif
Contoh : asuransi, perbankan,transportasi, ekspedisi
3)      Industri kimia dasar
Contoh : industry semen, obat-obatan, kertas
4)      Industri kecil
Contoh : industry batu bata, keramik, makanan ringan
5)      Industri mesin dan logam dasar
Contoh : industry pesawat terbang, kendaraan bermotor, tekstil

·         Pasar penjual
1)      Penjual sayuran dan buah-buahan
2)      Penjual elektronik
3)      Indomart
4)      Alfamart
5)      Penjual kebutuhan pokok
 3. JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA MEMASARKANNYA  (BERDASARKAN 4 P)
Jawab :
Contoh produk adalah P&G
Jika cara memasarkannya dengan cara memperhatikan 4P maka yang pertama adalah product, produk yang kita tawarkan harus bisa bersaing di bidang Fast moving consumer goods. Fast moving consumer goods di Indonesia cukup banyak macamnya dan kualitasnya pun cukup baik. Contoh pesaing kita adalah Unilever. Jadi kita harus memiliki standar kualitas yang sama, kalau bisa harus berada di tingkat atas dari Unilever tersebut. Kita juga harus tau kelemahan dan kelebihan dari pesaing kita dengan melakukan riset. Kita bisa memanfaatkan kelemahan pesaing kita dengan menambah kualitas produk kita dan kita juga harus tau selera pasar. Agar produk yang kita keluarkan nanti dapat menarik lebih banyak pelanggan lagi.
Yang kedua price, setiap orang pasti menginginkan produk yang berkualitas namun harganya masih terjangkau. Jadi gimana caranya supaya produk-produk kami tetap bisa dikonsumsi dari kalangan bawah sampai kalangan atas dengan harga yang minim tapi kita juga tidak ingin mengalami kerugian karna memberi harga yang terlalu rendah. Disini kita akan menghitung biaya dari awal produksi hingga siap jual. Kita akan memberikan harga sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh produk kami. Jika kualitas yang diberikan memuaskan, pelanggan akan rela membayar sesuai harga yang telah ditetapkan karena mereka puas dengan kualitas yang kita berikan.
Yang ketiga placement, kita menjual P&G di Indonesia, karena kita tau di Indonesia ini pemasarannya bagus. Setiap orang membutuhkan produk-produk kami, contohnya downy, head & shoulders, olay, pampers, pantene, dll. Disinilah P&G  berhasil merebut ketertarikan costumer, di Indonesia produk P&G kita pasarkan di tempat yang ramai. Seperti mall, alfamart, indomart, agar orang-orang bisa melihat dan membeli produk kita dengan mudah.

Yang keempat promotion, apalah artinya peluncuran sebuah produk tanpa adanya sosialisasi terhadap masyarakat, dan tanpa adanya promosi ke pelanggan. Sehingga mereka tidak tau bahwa kami telah meluncurkan produk terbaru. Cara promosi kami adalah, mengabarkan kepada masyarakat lewat situs website resmi kami. Itupun tidak cukup, maka kami juga mempromosikan produk kami lewat sosial media, koran, televisi, dll.

4.      SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
Jawab :
a.       Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b.      Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c.       Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d.      Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan. 


5 .      SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
                              Jawab :
·         Sistem pemasaran dengan saluran vertical
·         Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
·         Sistem pemasaran dengan saluran ganda

0 komentar:

Posting Komentar

 

Imas Ekawati Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos