NAMA
: 1. ANNISA TRIANA
(21213162)
2. IMAS EKAWATI (24213329)
3. UMMU SALAMAH (29213055)
KELAS
: 1EB21
- JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
Jawab : Pasar
adalah tempat penjual melakukan kegiatan penawaran dan pembeli melakukan
kegiatan permintaan barang atau jasa. Sedangkan, pemasaran adalah kegiatan
untuk menjalankan bisnis guna memenuni kebutuhan pasar dengan barang atau jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2. BERIKAN CONTOH
MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS
PASAR INDUSTRI
*PASAR
PENJUAL
Jawab :
·
Jenis Pasar Industri
1)
Industri ekstraktif
Contoh : pertanian,
perkebunan, perhutanan, perikanan, pertambangan
2)
Industri fasilitatif
Contoh : asuransi,
perbankan,transportasi, ekspedisi
3)
Industri kimia dasar
Contoh : industry semen,
obat-obatan, kertas
4)
Industri kecil
Contoh : industry batu
bata, keramik, makanan ringan
5)
Industri mesin dan logam
dasar
Contoh : industry
pesawat terbang, kendaraan bermotor, tekstil
·
Pasar penjual
1)
Penjual sayuran dan
buah-buahan
2)
Penjual elektronik
3)
Indomart
4)
Alfamart
5)
Penjual kebutuhan pokok
3. JELASKAN dgn 1
CONTOH BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA MEMASARKANNYA (BERDASARKAN 4 P)
Jawab
:
Contoh produk
adalah P&G
Jika
cara memasarkannya dengan cara memperhatikan 4P maka yang pertama adalah product,
produk yang kita tawarkan harus bisa bersaing di bidang Fast moving consumer
goods. Fast moving consumer goods di Indonesia cukup banyak macamnya dan
kualitasnya pun cukup baik. Contoh pesaing kita adalah Unilever. Jadi kita
harus memiliki standar kualitas yang sama, kalau bisa harus berada di tingkat
atas dari Unilever tersebut. Kita juga harus tau kelemahan dan kelebihan dari
pesaing kita dengan melakukan riset. Kita bisa memanfaatkan kelemahan pesaing
kita dengan menambah kualitas produk kita dan kita juga harus tau selera pasar.
Agar produk yang kita keluarkan nanti dapat menarik lebih banyak pelanggan lagi.
Yang
kedua price, setiap orang pasti
menginginkan produk yang berkualitas namun harganya masih terjangkau. Jadi gimana
caranya supaya produk-produk kami tetap bisa dikonsumsi dari kalangan bawah
sampai kalangan atas dengan harga yang minim tapi kita juga tidak ingin
mengalami kerugian karna memberi harga yang terlalu rendah. Disini kita akan
menghitung biaya dari awal produksi hingga siap jual. Kita akan memberikan
harga sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh produk kami. Jika kualitas
yang diberikan memuaskan, pelanggan akan rela membayar sesuai harga yang telah
ditetapkan karena mereka puas dengan kualitas yang kita berikan.
Yang
ketiga placement, kita menjual P&G di
Indonesia, karena kita tau di Indonesia ini pemasarannya bagus. Setiap orang
membutuhkan produk-produk kami, contohnya downy, head & shoulders, olay,
pampers, pantene, dll. Disinilah P&G berhasil merebut ketertarikan costumer, di
Indonesia produk P&G kita pasarkan di tempat yang ramai. Seperti mall, alfamart,
indomart, agar orang-orang bisa melihat dan membeli produk kita dengan mudah.
Yang keempat
promotion, apalah artinya peluncuran
sebuah produk tanpa adanya sosialisasi terhadap masyarakat, dan tanpa adanya
promosi ke pelanggan. Sehingga mereka tidak tau bahwa kami telah meluncurkan
produk terbaru. Cara promosi kami adalah, mengabarkan kepada masyarakat lewat
situs website resmi kami. Itupun tidak cukup, maka kami juga mempromosikan
produk kami lewat sosial media, koran, televisi, dll.
4.
SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL
BAURAN PROMOSI
Jawab :
a.
Produk
(product)
Produk
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan,
diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen.
b.
Harga
(price)
Harga
merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan
suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang
ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas
yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran
pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya.
Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan
promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c.
Tempat
(place)
Tempat
termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen
sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat
memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d.
Promosi
(promotion)
Promosi
merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan
manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk
yang mereka hasilkan.
5 . SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN
5 . SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN
Jawab :
·
Sistem pemasaran dengan saluran vertical
·
Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
·
Sistem pemasaran dengan saluran ganda
0 komentar:
Posting Komentar